3 keuntungan menggunakan TV digital, Cara mudah merubah monitor menjadi TV digital

 Seperti yang anda ketahui pada tahun 2022 pemerintah resmi mengumumkan unutk mengantikan tv analog menjadi tv digital dengan bantuan beberapa alat .

beberapa orang mungkin panik memikirkan hal ini , akan tetapi jika kita cermati dengan baik maka kita juga mendapatkan keuntungan dari pemindahan ini.

keuntungan :

1. hasil gambar yang dihasilkan akan lebih jernih dan stabil
2. pencarian program secara otomatis melalui alat signal digital yaitu SET TOP BOX
3 jika kita memiliki jaringan internet dirumah kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk melihat        vidio youtube di layar 

selain kelebihan program pemerintah unutk memindah tv analog menjadi tv digital juga memiliki dampak yang merugikan bagi pengguna yaitu :

1. menambah alat seperti set-top-box atau perlengkapan lain sehingga dapat mengeuarkan biaya  yang cukup besar.
2. beberapa TV tidak selalu support dengan hasil yang dikeluarkan SET-TOP-BOX sehingga akan mempengaruhi layar televisi anda
3. memakan banyak tempat untuk menaruh alat alat pendukung TV digital.

itulah beberapa kelemahan dan kelebihan dari pengunaan TV digital.yang bisa saya jelaskan disini mungkin anda juga mempunyai tanggapan yang lain tentang program ini.

untuk meminimalisir pengluaran jika anda memiliki monitor komputer yang sudah tidak terpakai, saya akan memberikan cara menggunakan TV digital dengan monitor komputer, 

siapkan alat berikut ini :




  • Monitor : seperti yang diketahui pada umumnya monitor bekerja unutk menampilkan gambar yang dihasilkan oleh alat SET TOP BOX
  • Sound : dikarenakan anda menggunakan layar monitor komputer yang pada umumnya menggunakan sound external maka anda harus menggunakan sound juga untuk menguluarkan suara dari sinyal digital.
  • SET TOP BOX : merupakan alat yang mengubah sinyal analog dari antena menjadi gambar dan suara pada layar monitor anda.

Set Top Box (STB) adalah perangkat yang memungkinkan Anda menonton program televisi melalui televisi kamu. Namun, anda juga dapat menggunakan STB untuk menonton program televisi melalui monitor komputer. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memasang STB pada monitor komputer kamu.

Periksa Ketersediaan Input pada Monitor

Sebelum memulai, pastikan monitor kamu memiliki input yang sesuai dengan koneksi STB. Sebagian besar monitor modern memiliki beberapa input, seperti HDMI, VGA, atau DVI. Pastikan kamu mengetahui jenis input yang tersedia pada monitor kamu dan jenis koneksi yang diperlukan oleh STB kamu.

Koneksikan Kabel

Setelah mengetahui jenis input pada monitor, selanjutnya hubungkan kabel dari STB ke monitor. Jika monitor memiliki input HDMI, gunakan kabel HDMI untuk menghubungkan STB ke monitor. Jika monitor hanya memiliki input VGA, gunakan konverter VGA ke HDMI atau konverter lainnya untuk menghubungkan STB ke monitor.

Nyalakan Monitor dan STB

Setelah kabel terhubung, nyalakan monitor dan STB kamu. Pastikan kedua perangkat dalam kondisi yang baik dan terhubung dengan benar. Jika monitor tidak dapat menampilkan gambar dari STB, pastikan kabel terhubung dengan benar dan konfigurasi input monitor sudah sesuai dengan koneksi yang digunakan.

Konfigurasi STB

Setelah perangkat terhubung, kamu harus mengatur konfigurasi STB agar sesuai dengan monitor. Pada kebanyakan STB, konfigurasi ini dapat dilakukan dengan mengakses menu pengaturan. Pastikan Anda mengatur resolusi dan frekuensi refresh yang sesuai dengan monitor kamu.



Setelah konfigurasi selesai, kamu sekarang dapat menikmati program televisi melalui monitor kamu. Pastikan untuk mengatur volume pada monitor atau STB sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itulah beberapa cara memasang Set Top Box pada monitor komputer kamu. Semoga kamu berhasil mengaplikasikan cara yang saya berikan dengan baik, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan kamu sekarang dapat menonton program televisi melalui monitor komputer kamu. 

salam teknisi online

Comments